Jumat, 12 November 2010

Inilah kumpulan Foto Pesawat Tempur Indonesia


Bagi agan-agan pecinta AU silahkan share apa saja yang berhubungan dengan angkatan udara Indonesia :D:D:D

Pesawat Tempur Indonesia


Pesawat Tempur Indonesia


Pesawat Tempur Indonesia








PESAWAT TEMPUR TERCANGGIH

PESAWAT TEMPUR TERCANGGIH. Jet perang milik Amerika Serikat, F-22 Raptor, segera punya pesaing. Saat ini Rusia sedang membangun jet tempur terbaru. Lihat beberapa gambar pesawat siluman Sukhoi PAK FA buatan Rusia.
Menurut Wikipedia, Sukhoi PAK FA [Perspektivnyi Aviatsionnyi Kompleks Frontovoi Aviatsy] adalah jet tempur generasi kelima, diciptakan untuk bersaing dengan F-22 dan F-35 Lightning II milik Amerika. Selama ini pesawat perang paling mematikan di dunia adalah F-22 Raptor atau biasa disebut F-22.
Blog Berita mengutip blog English Russia, negara Rusia telah menyelesaikan contoh pesawat siluman Sukhoi PAK FA dan akan mulai memproduksi massal pada tahun 2010 mendatang. Rusia sendiri belum pernah memberitahukan secara resmi kepada publik seperti apa bentuk jet pengebom terbaru ini; mereka tetap merahasiakannya. Namun gambar sketsa komputer yang bocor di situs-situs Internet memperlihatkan desain jet siluman Sukhoi PAK FA. Semua gambar diambil dari English Russia dan Strange Military.
Pesawat siluman adalah jenis jet perang yang tidak bisa terdeteksi oleh radar lawan, sehingga mustahil untuk ditembak termasuk dengan rudal.
Foto pesawat tempur buatan Rusia-jet siluman Sukhoi PAK FA
1 Siluman 
baru saingan F 22
1 002 Siluman baru saingan F 22
1
 003 Siluman baru saingan F 22
152948 Siluman baru saingan F 22

Inilah 10 Pesawat Tempur Tercepat Di Dunia, Indonesia Juga Punya

Ditulis dalam teknologi oleh pimpii pada September 8, 2010
Sahibul. Tercatat bahwa penerbangan untuk tujuan militer terjadi pada tahun 1794 selama Pertempuran Fleurus.  Ketika itu Prancis menggunakan balon udara  untuk mengintai pergerakan tentara Austria selama pertempuran. Meskipun sukses pada saat itu, banyak kemajuan telah dibuat dalam bidang kekuatan udara militer. Dan sekarang, Anda mungkin tidak akan melihat balon pengintai lagi di udara. Sebaliknya, Anda akan melihat pesawat militer ramping melesat di atas langit Anda, bahkan untuk beberapa jenis pesawat militer Anda mungkin tidak ‘sempat’ melihat apa-apa!
Daftar nama-nama berikut adalah10 (Sepuluh) pesawat militer tercepat yang pernah ada. Semua diwakili di kecepatan mach atau satuan kecepatan suara dan masing-masing dari pesawat yang dikemudikan menggunakan mesin jet. Sekedar tahu saja kecepatan 1 mach setara dengan 1.225 Km/jam!.  wuuzzzzzz……………………..
Semua pesawat tercantum di bawah ini dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan supersonik.  Jadi pakailah sabuk pengaman dan persiapkan diri untuk terbang!
10. F-14D Super Tomcat– Mach 2.34
Jika Anda pernah menonton Top Gun, Anda pasti melihat Tomcat, meskipun mungkin salah satu dari seri sebelumnya. Tomcat F-14D, dirancang oleh Grumman, jelas merupakan salah satu dari jenis pesawat militer tercepat.
Mampu mencapai kecepatan di 2,34 mach, pesawat itu dibuat untuk dapat menghancurkan pesawat musuh pada malam hari. Sementara banyak pesawat yang hanya diijinkan untuk terbang dalam cuaca yang layak, F-14D bisa terbang dan menghancurkan dalam semua jenis kondisi. Tidak hanya itu, selain dapat menyerang pada malam hari dan dalam cuaca yang tidak terlalu baik, pesawat ini juga mampu menembak sekaligus 6 target pada waktu yang sama. Tomcat juga bagus untuk mendeteksi pesawat musuh dari jarak 100 mil.
Penerbangan perdananya pada tanggal 23 November 1987 dari halaman Calverton Grumman dan prototipe akhir melakukan penerbangan pada tanggal 9 Februari 1990. Tomcat F-14D adalah seri terakhir dari seri F-14 F  yang upgrade dengan perangkat lunak komputer yang jauh lebih handal dan canggih. Namun, Menteri Pertahanan Dick Cheney menganggap pesawat ini tidak cukup kompetitif untuk bersaing dengan teknologi modern saat ini dan membatalkan produksi F-14 tahun 2008.
Apa kabarnya sekarang?
Pada tanggal 10 Maret 2006, Tomcat F-14D pensiun dari dinasnya di Angkatan Laut Amerika Serikat. Sebelumnya, pada tanggal 8 Februari 2006 ditandai sebagai tanggal terakhir pesawat ini digunakan ketika terlibat dalam pertempuran di Irak.
Pesawat ini dibangun sebanyak 712 unit,  tapi kebanyakan daripadanya saat ini harus ‘dihukum’ dengan kejam. Tomcat yang masih utuh tanpa banyak kerusakan mekanis disimpan di Davis-Monthan Air Force Base. Anda juga akan menemukan banyak model di berbagai lintasan udara dan ruang museum. Namun yang lainnya sengaja dihancurkan sehingga Iran dan negara-negara lain tidak akan mendapatkan akses ke sparepart pesawat ini (dilaporkan 20 unit F-14 di Iran yang masih operasional, dari total 44 unit seluruhnya).
Pada tahun 2007, 23 dari 165 Tomcat sengaja dihancurkan. Biaya penghancuran pesawat secara benar  sekitar $ 900.000, ini setara dengan sekitar 42% dari biaya total pembuatan Super Tomcat F-14D!.
9. MiG-23 Flogger – Mach 2.35
MiG-23 Flogger dibangun untuk menggantikan MiG-21 Fishbed sebelumnya. Dibuat dengan mesin yang lebih kuat serta setelan sudut sayap menyapu yang mampu mengubah variabel seperti kecepatan, waktu lepas landas, dan waktu pendaratan.
Mereka yang pernah terbang bersama pesawat ini mengatakan bahwa Flogger adalah salah satu pesawat tempur terbaik yang pernah dibuat dan relatif mudah untuk diterbangkan.
Meskipun digunakan untuk pertahanan Rusia dengan sistem pelacakan dan radar inframerah, pesawat ini diakuisisi oleh AS dan berganti nama menjadi YF-113 dengan beberapa perubahan.
Flogger banyak digunakan oleh Uni Soviet serta Hungaria, Polandia, Bulgaria, Jerman Timur, dan beberapa sekutu Pakta Warsawa. Negara-negara seperti Kuba, Korea Utara, India, Mesir, Suriah, dan lain-lain juga memiliki MiG-23S.
Apa kabarnya sekarang?
Meskipun tidak digunakan sesering itu di masa lalu, MiG-23 tetap seorang pejuang yang sangat populer di berbagai negara. Sekitar 11.000 unit MiG-23S masih diterbangkan oleh berbagai kelompok angkatan udara di seluruh dunia, seperti Angola, Ukraina, Sudan, Kazakhstan, dan India. MiG-23S juga dijumpai di berbagai museum, termasuk Museum Perang Besar Patriotik di Kiev dan Museum Penerbangan di Beograd.
8. Su-27 Flanker – Mach 2.35
Uni Soviet menciptakan Su-27 Flanker untuk menyaingi supremasi udara  AS dengan F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon-nya. Mampu terbang dengan kecepatan 2,35 mach, Flanker menjadi pesawat tempur paling tangguh pada masanya.
Rancangan akhir  Su-27 selesai pada tanggal 20 April 1981. Flanker banyak mencatat rekor, termasuk kecepatan take-off dan tertinggi dalam mendaki ketinggian. Meskipun merupakan proyek Rusia, negara-negara lain seperti Vietnam dan Cina sangat tertarik dalam memproduksi Flanker dengan versi mereka sendiri, tapi ini biaya yang harus dikeluarkan sangat menawan : $ 180 juta!.
Apa kabarnya sekarang?
Hari ini Anda akan menemukan Su-27 Flankers tetap terbang dan masih digunakan militer. Meskipun Uni Soviet telah menjadi sejarah, Rusia masih memiliki 449 pesawat yang aktif, Belarus memiliki 19 unit, dan Ukraina 74 unit. Selain negara-negara ini, AS, Ethiopia, Indonesia dan negara lain juga memiliki beberapa pesawat ini. Saat ini, pesawat tersebut dijual dengan harga sekitar $ 5 juta. Berminat!
7. F-14 Tomcat – Mach 2.37
Angkatan Laut Amerika Serikat sedang mencari seorang petarung jangka panjang dan Grumman memiliki jawabannya: F-14. Dilengkapi dengan setelan sudut sayap yang dapat diubah dan kapasitas bahan bakar besar, pesawat ini memang jempolan. Dengan kemampuan menembakkan rudal ke pesawat musuh dari lebih dari 100 mil, menjadi sangat berguna untuk melindungi kapal induk yang dari diserang dari udara.
Setelah Uni Soviet bubar tahun 1990-an, Pesawat ini diturunkan  kemampuannya hanya untuk serangan darat terbatas dan kemampuan yang diinstal sebelumnya tidak lagi dibutuhkan. Hari ini F14 telah digantikan oleh F/A-18E/F Super Hornet karena meningkatnya biaya pemeliharaan.
Apa kabarnya sekarang?
Tomcat F-14D sudah pensiun pada tanggal 22 September 1996.  Misi militer terakhirnya adalah menjatuhkan bom di Irak pada tanggal 8 Februari tahun yang sama. Karena  biaya untuk membangun dan memelihara F-14 itu terlalu mahal, penciptaan setiap F-14 baru telah dihentikan, dan tomcat yang masih beroperasi secara perlahan-lahan diturunkan dari udara. Di AS, Anda tidak akan menemukan F-14 terbang atau melawan pesawat asing. Sebaliknya, anda akan sering menjumpai mereka di museum-museum.
Meskipun tak satupun F-14 yang terbang di AS lagi, Angkatan Udara Iran masih memilikinya ketika AS menghibahkan kepada mereka pada tahun 1976.  Sehingga Iran adalah satu-satunya negara selain AS yang menggunakan pesawat ini.
6. Su-24 Fencer – Mach 2.4
Su-24 Fencer adalah pesawat buatan Soviet yang awalnya dimaksudkan untuk menyaingi US F-111.  Namun Fencer membuktikan bahwa ia jauh lebih baik, jauh lebih cepat, kecil, ringan, dan lebih kuat daripada F-111. Bahkan, Fencer sering disebut sebagi pesawat paling berbahaya yang pernah dimiliki Uni Soviet.
Keunggulan pesawat ini adalah bahwa ia mampu mencapai mach 2,4 pada ketinggian rendah, sementara tidak banyak pesawat yang mampu melakukannya.  Dibutuhkan ketinggian tertentu untuk bisa terbang pada kecepatan supersonik. Fencer juga dilengkapi dengan rudal laser-designators yang mempunyai akurasi lebih baik. Teknologi ini bersama dengan radar membuat Fencer sangat kuat. Meskipun penerbangan perdananya pada 2 Juli 1967, secara resmi Fencer diperkenalkan pada militer tahun 1974.
Apa kabarnya sekarang?
Su-24 Fencers dibangun sebanyak 1.400 unit. Pesawat masih digunakan oleh AU Rusia serta Ukraina Air Force. Pesawat ini digunakan pada tahun 2008 selama konflik di Georgia. Selain kedua negara tersebut, tempat-tempat seperti Iran, Aljazair, Irak, Libya, Belarus, dan banyak negara lain masih menggunakan pesawat untuk militer mereka.
5. F-111 Aardvark – Mach 2.5
F-111 Aardvark mungkin paling dikenal dengan desain modul kokpit untuk dua awak yang dirancang lepas pada keadaan darurat. Pertama dirancang awal 1960-an oleh General Dynamics, F-111 Aardvark, meskipun mempunyai nama yang aneh, Aardvark adalah pembom strategis yang banyak digunakan pada waktu itu.
Pertama kali mengudara pada tanggal 21 Desember 1964 dan dibawa bergabung ke militer pada bulan Juli 1967. Tujuan dibangunnya F-111 adalah sebagai interceptor jarak jauh bagi US Navy serta pesawat pembom Angkatan Udara. Namun kemudian, pesawat hanya bermanfaat bagi Angkatan Udara sebab ketika berkumpul dan siap untuk dimasukkan ke carrier dek kapal induk Angkatan Laut, mereka dianggap terlalu berat untuk digunakan.
Apa kabarnya sekarang?
Selama Perang Vietnam, F-111 paling banyak digunakan, namun karena biaya operasional yang tinggi, pesawat ini perlahan dipensiunkan. Hari ini F-111 Aardvark tidak digunakan di Amerika Serikat. Angkatan Udara Amerika Serikat berhenti menggunakan pesawat pada tahun 1998. Di AS, Anda akan menemukan F-111 dipamerkan di berbagai museum, termasuk California, Illinois, Texas, Alabama, New York, Ohio, New Mexico, dan banyak tempat lainnya. Australia masih menggunakan armada cukup kecil dari F-111C, namun negara itu berencana untuk berhenti menggunakannya pada akhir tahun 2010 dan digantikan oleh F-35.
4. F-15 Eagle – Mach 2.5
Untuk  menggantikan F-4 Phantom yang sudah out of date, Angkatan Udara AS mencari pesawat tempur superior yang canggih dengan kemampuan jelajah jarak jauh. Pada tahun 1965 permintaan itu dibuat, hanya tujuh tahun kemudian pesawat itu sudah terbang untuk pertama kalinya dan bergabung ke militer pada tahun 1979.
McDonnell Douglas, sebuah perusahaan yang dikenal sebagai pembuat Boeing, membuat pesawat yang memiliki sayap besar dengan kelincahan yang luar biasa untuk ukuran pesawat sekitar 64 meter panjang dan bentang sayap 42 kaki itu. Meskipun pesawat lebih besar dari ukuran rata-rata kebanyakan pesawat tempur, penggunaan titanium serta kompresi mesin jet yang disesuaikan memungkinkan pesawat mencapai kecepatan Mach 2,5 dalam waktu singkat. Namun, Eagle hanya mampu melaju sekitar 1,78 mach ketika dimuati senjata.
Tentu saja seperti kebanyakan pesawat, F-15 Eagle punya berbagai seri, termasuk F-15A dan F-15D. Model-model baru yang jauh lebih canggih, dilengkapi dengan radar top-of-the-line, komputer baru, dan banyak lagi.
Apa kabarnya sekarang?
Hari ini, F-15 Eagle adalah salah satu dari beberapa pesawat pada yang masih digunakan oleh pasukan AS termasuk Garda Nasional serta Angkatan Udara. Eagle sering dianggap sebagai salah satu pesawat paling sukses yang pernah dibuat. Pesawat ini memiliki lebih dari 100 misi sukses sejak debutnya. Banyak digunakan dalam konflik Timur Tengah di masa lalu. Dalam perang Irak dan misi untuk Operasi Kebebasan Irak, F-15 telah terbukti sebagai unsur vital bagi keberhasilan dalam perang. Di luar AS, banyak negara memutuskan untuk tetap menggunakan F-15. Termasuk Jepang, Israel, dan Arab Saudi.
3. MiG-31 Foxhound – Mach 2.83
Debut penerbangan pertama pada tanggal 16 September 1975, MiG-31 Foxhound dibuat untuk menggantikan MiG-25. Tugasnya mencegat pesawat asing dengan kecepatan tinggi serta menggagalkan rudal jelajah dan pesawat yang terbang rendah. Meskipun mirip dengan MiG-25, Foxhound mengalami perombakan besar. Pesawat dibuat lebih besar dari MiG-25. Memiliki kemampuan untuk terbang dengan kecepatan supersonik, bahkan di ketinggian rendah. Pesawat juga telah diberikan mesin baru dengan kapasitas besar serta sistem pelacakan radar canggih yang membuat Foxhound jauh lebih handal dan efisien dalam pekerjaannya.
Resmi masuk militer pada tahun 1983, Foxhound perlahan menggantikan penggunaan MiG-25. Sekitar 400-500 unit MiG-31 diciptakan untuk Rusia dan Uni Soviet.
Apa kabarnya sekarang?
Hari ini, Rusia, Kazakhstan, dan segera menyusul Suriah mengandalkan MiG-31. Rusia memiliki sekitar 286 unit yang digunakan untuk tujuan militer, dengan  tambahan cadangan sebanyak 100 unit. Kazakhstan juga memiliki beberapa Foxhounds, tetapi banyak yang tidak beroperasi, tetapi negara ini berencana memperbaiki sekitar 10 unit yang akan digunakan Angkatan Udara mereka. Suriah memang belum memiliki Foxhounds, namun mereka telah memesan pesawat ini.
2. MiG-25R Foxbat-B – Mach 3.2
Pada tahun 1959, Uni Soviet memfokuskan diri pada penciptaan pesawat tempur yang bisa mencegat serta digunakan untuk kegiatan pengintaian sekaligus.
Seperti beberapa pesawat Rusia lainnya, pesawat ini diciptakan untuk menyaingi pesawat AS seperti Lockheed SR-71 serta North American XB-70. Pada bulan Maret 1964, MiG-25R Foxbat melakukan penerbangan perdana dan segera pada tahun 1969, undang-undang ditandatangani untuk memungkinkan pengujian pesawat dengan kemampuan pengintaian dan tes dilakukan tahun 1970.
Pada tahun 1972 desain penyempurnaan telah digunakan oleh Angkatan Udara Uni Soviet. Pesawat dilengkapi dengan sistem pengendalian kebakaran otomatis serta radar besar  dengan sistem look-down dan shoot-down setelah tahun 1980 ketika semua MiG  diperbarui.
MiG-25R Foxbat juga mampu membom stasioner menggunakan bom jatuh bebas dari ketinggian 65.000 ft sambil tetap terbang dengan kecepatan supersonik. Ada juga sistem  terinstal yang memungkinkan pesawat untuk menjatuhkan 10 bom sekaligus!
Apa kabarnya sekarang?
Berbagai negara di seluruh dunia masih menggunakan MiG-25R. Tempat-tempat seperti Azerbaijan, Kazakhstan, Suriah, Turkmenistan, Iran, dan Aljazair semua punya akses ke pesawat. Tentu saja, Rusia sebagai pengrajin utama pesawat tetap terus menggunakannya. Sekitar unit 39 unit MiG-25 telah dibangun. Sementara beberapa masih diterbangkan, yang lain telah dimuseumkan, termasuk yang berada di Museum Nasional Angkatan Udara Amerika Serikat di Dayton, Ohio.
1. SR-71 Blackbird – Mach 3.2+
Meskipun pertama kali diperkenalkan pada 1966, SR-71 Blackbird masih dinobatkan sebagai pesawat berawak pengintai tercepat hingga empat dekade kemudian. Diproduksi oleh Lockheed, SR-71 ini dirancang oleh Clarence “Kelly” Johnson eorang tokoh penting dalam sejarah penerbangan.
Memulai debutnya pada tanggal 22 Desember 1964, dan memulai karir di militer pada Januari 1966. SR-71 mampu terbang dengan kecepatan mach 3,2 bahkan lebih.  SR-71 adalah pesawat pengintai U-2 yang sangat rentan bagi pertahanan udara Soviet karena kecepatan dan kemampuan terbangnya yang lebih tinggi dan dilengkapi dengan kemampuan untuk melarikan diri.
Faktanya, pesawat ini tidak pernah jatuh oleh musuh, 12 unit dari 32 unit yang pernah dibuat hancur dalam kecelakaan. Pesawat  dicat dengan cat teknologi baru yang memungkinkan sulit dilacak radar. Bentuk keseluruhan pesawat juga menjadi salah satu pesawat stealth teknologi pertama.
Apa kabarnya sekarang?
Hari ini Anda tidak akan menemukan SR-71 terbang di antara awan. Sebaliknya, Anda hanya akan menemukannya di museum, atau jika Anda bekerja untuk Lockheed di Palmdale, Anda akan menemukan tiga dari mereka dikunci di gudang hanggar mereka.
SR-71 itu secara permanen pensiun pada tahun 1998 ketika Kongres dan Angkatan Udara AS memutuskan pesawat ini sangat mahal untuk pemeliharaan dan biaya operasionalnya. Meskipun pensiun untuk pertama kalinya pada tahun 1991, Kongres memutuskan mengaktifkan kembali armada kecil untuk digunakan selama Perang Dingin. Upgrade mengagumkan untuk pesawat, seperti sistem radar canggih dan link data yang dapat mengirim gambar secara real time, SR-71 tetap di’hanggar’kan pada tahun 1998 untuk selamanya.
Jika Anda pernah ingin melihat jejak kehebatan SR-71, Anda dapat menemukannya di berbagai ruang museum serta di pangkalan Angkatan Udara di Tucson, Arizona; Edwards Air Force Base di California; Kalamazoo, Michigan; Eglin Air Force Base di Florida; serta berbagai museum di California, Inggris, Ashland, Nebraska, Ohio, Utah, dan Virginia.

Sakit Leher Karena Salah Tidur? Atasi dengan Back and Shoulder Massage


Jum'at, 12 November 2010 - 17:01 wib
Detail Berita
Sakit leher karena salah tidur. (Foto: Getty Images)
SAKIT pada leher umumnya disebabkan oleh berbagai aktivitas seperti olahraga yang kuat atau berlebihan, kelelahan, kecelakaan kendaraan, atau salah tidur, hingga stres. Dan ini bisa sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanan.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan pijat atau massage. Dan ada banyak tempat perawatan kesehatan di Jakarta yang menyediakan treatment ini. Salah satunya adalah Haouse of Relax yang terletak di Jalan Sungai Sambas 11 Nomor 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di House of Relax ini tersedia beberapa treatment , antara lain, full body massage, foot & Hand reflexology, face accupressure, back and shoulder massage, pijat tradisional, refleksi, totok payudara, hingga pijat anak. Untuk mengatasi masalah sakit leher, ada back and shoulder massage.

“Manfaatnya untuk menyegarkan badan, mengatasi masuk angin, salah tidur. Fokusnya punggung dan leher, juga tangan,” kata Vini, sang terapis.

Perawatan ini sangat tepat untuk orang yang bekerja di bawah tekanan, mulai dari remaja hingga orang dewasa, kecuali yang mengalami trauma tulang keropos, luka jatuh, dan bekas luka cacat. Proses massage sendiri berlangsung selama 30 menit.

“Perawatan ini inovasi dari House of Relax, tapi ada campuran pijat tradisional lawa. Kita mengutamakan pijat pada bagian punggung, lengan, tangan, pundak, dan pijat kepala dengan posisi duduk,” lanjut Vini.

Sebaiknya, saran Vini, back and shoulder massage ini dijalani seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang meksimal. Masalah sakit leher karena salah tidur atau juga pegal-pegal bisa teratasi.

“Disarankan untuk seminggu 2 kali untuk yang bermasalah seperti salah tidur. Orang akan menjadi lebih rileks dan lebih segar,” katanya.
(Genie/Genie/nsa) Share

Kekasih Tipe Pria Pecundang Cinta? Ini Dia Tandanya!


Jum'at, 12 November 2010 - 13:04 wib

Dewi Arta - Okezone

Detail Berita
(Foto: gettyimages)
AWALNYA, si dia begitu penuh perhatian, rajin menemani window shopping dan tidak keberatan menonton saluran televisi favorit Anda. Ketika semuanya begitu sempurna, kenyataan tentangnya mulai terlihat.

Pertanyaan besar terlintas, “Benarkah si dia Mr Right yang Anda cari atau hanya seorang pecundang cinta? Ingin tahu cara membedakannya, simak sederet sinyal pecundang cinta yang harus Anda waspadai, seperti dikutip dari Allwomanstalk.

Bersikap kasar

Ketika pasangan terlihat tenang, ia begitu menyenangkan di hadapan Anda. Namun sebaliknya, saat sedang marah ia bak seekor singa si raja hutan. Ia mulai memukul tembok, menjambak rambut Anda, atau membanting barang-barang yang ada. Tapi kemudian, dia selalu meminta maaf atas sikap kasarnya. Sayang, kejadian tersebut tak hanya sekali-dua kali, tapi sudah berulang kali.

Membuat Anda merasa krisis pede
Pastinya, seorang Mr Right tidak akan menghancurkan rasa percaya diri Anda, karena hanya pecundang cintalah yang bisa melakukan hal demikian. Dia terlihat licik dan akan menanyakan segala sesuatu tentang Anda; apa yang Anda kenakan, berat badan Anda, ataupun nilai Anda selama kuliah hingga membuat Anda merasa rendah diri, jelek, bodoh, dan tidak berharga. Bila ini terjadi, rasanya sulit untuk bisa menjalin hubungan sehat dengannya.

Sementara pria sejati adalah sosok pria yang saat Anda “jatuh”, ia akan melakukan hal terbaik, seraya mengingatkan betapa hebatnya Anda, dan tak ingin kehilangan Anda.

Dia selalu mengatakan “Itu salahmu!”

Tanpa sengaja, Anda membuatnya marah, Anda membuatnya sedih, dan Anda jadi malu telah melakukannya. Apakah pasangan merasakan apa yang Anda rasakan? Tidak bukan? Karena menurutnya, semua selalu menjadi kesalahan Anda.

Dia akan meyakinkan Anda bahwa Anda pantas mendapat hukuman dan amarah darinya. Parahnya, dia beranggapan dirinya selalu benar, dan tidak pernah merasa bersalah dengan semua sikapnya pada Anda.

Ia panik saat membayangkan hubungan putus

Pecundang cinta tak rela cintanya putus, kecuali mereka sendiri yang memutuskan hubungan. Jadi, dia akan mencegah, memohon, dan berjanji untuk mengubah sifatnya pada Anda. Ia rela melakukan apa saja untuk membuat Anda tetap menjadi kekasihnya. Bahkan, bukan tak mungkin jika dia akan mengeluarkan ancaman bunuh diri, atau mempermalukan Anda di depan publik. Dia pun berani melakukan tindakan tidak masuk akal hanya untuk tetap bersama Anda.

Paranoid

Tanpa Anda sadari, dia selalu memantau Anda dengan membaca email, mengecek history telepon seluler, bahkan hingga membaca seluruh pesan yang tersimpan dalam kotak sampah pada email Anda. Melihat berbagai hal yang tak disukai, jangan heran bila si dia akan memberikan sederet pertanyaan hingga Anda kesulitan menjawabnya.

Penting untuk diketahui, seorang pecundang cinta akan merasa paranoid bila mereka kehilangan kekuasaan atas diri pasangannya. Jika hal ini terus terjadi, Anda harus segera mengambil tindakan dan pastikan Anda tidak mempertimbangkan untuk kembali kepadanya.
(ftr)

Inilah pesawat tempur indonesia terbaru !!!

SUKHOI SU-27SKM

Design: OKB Pavel O. Sukhoi, Moscow
Production: KNAAPO-works, Komsomolsk on the Amour
Wingspan: 14.70m
Length: 21.93m
Height: 5,93
Wing area: 46.50m²
Maximum speed at height: mach 2.35 / at sea level: mach 1.1
Service ceiling: 18,000m
Combat radius: 1,500km
Range with max fuel: 4,500km
Armament: one 30mm GSh-301 cannon and up to 6,000kgs of bombs and missiles including AA-10 and AA-11 air-to-air missiles
Engines: two 79,43kN thrust (122,6kN with afterburner) NPO Saturn (Lyulka) AL-31F


http://www.zacharz.com/lebourget/su27/001.jpg




SU-27SK basic specifications
Engines type 2 Ñ… AL-31F
Thrust, kgf 2 Ñ… 12500
Length, m 21.9
Wing span, m 14.7
Height, m 5.9
Max takeoff weight, kg
33000
Max payload, kg
8000

Max internal fuel capacity, kg
9400
Max sea-level speed, km/h 1400
Max Mach number 2.15
Service ceiling, m 17750
Max g-load
9
Flight range at the cruising altitude, km: 3530
Run with the normal takeoff weight, m 450
Roll with the drag chute deployed, m 700


INDONESIA BUAT BOM SUKHOI
19 Jan 2006


Industri pertahanan Indonesia sudah siap membuat bom untuk pesawat Sukhoi dan pesawat standar Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Bom kaliber 100 kilogram bernama P100 itu telah dibuat Dinas Penelitian dan Pengembangan Markas Besar TNI Angkatan Udara.


“Kualitasnya bagus. Hanya, kapasitas produksinya masih kecil karena permintaan TNI terbatas,“ ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Departeman Pertahanan Lilik Hendrajaya kepada Tempo di Jakarta kemarin.


Indonesia kini telah memiliki empat pesawat Sukhoi. Tapi, sejak dibeli pada 2003, pesawat bikinan Rusia itu tak pernah dipersenjatai. Alasan utamanya adalah keterbatasan anggaran.


Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Djoko Suyanto memastikan pihaknya akan segera membeli persenjataan bagi Sukhoi, dari Rusia.�?Namun, jika ada produksi dalam negeri yang kualitasnya bagus, pasti kami beli,�?ucapnya menjanjikan.


Bom Sukhoi made in Indonesia telah dibuat pada 2005, hasil kerja sama TNI Angkatan Udara dengan CV Sari Bahari dari Malang, Jawa Timur. Menurut Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama J. Subagyo, uji coba sudah dilakukan awal bulan ini.


Subagyo menjamin kualitas bom ini bagus, Namun pihaknya tak bisa memproduksi dalam jumlah besar karena membutuhkan dana yang besar. Tapi,�?Yang penting adalah (apakah ada) good will (niat baik) untuk menggunakan produksi dalam negeri,�? ujarnya berharap.


Lilik sependapat dengan Subagyo. Bom P100 memang belum memakai kendali. Namun, Lilik yakin kesulitan itu bisa diatasi karena TNI Angkatan Udara sudah memiliki pengetahuan untuk membuat bom yang menggunakan kendali.


Bom tersebut memiliki panjang 1.130 milimeter, berat 100-125 kilogram, dan diameter 273 milimeter. Bom itu dibuat dari bahan besi nodular untuk bodi, baja VCN 15 untuk suslug (Cantelan untuk dipasang di pesawat), dan ST-37 untuk bagian ekor, yang panjangnya 410 milimeter.


Masih soal persenjataan bagi TNI, kemarin Departemen Pertahanan mendapat tawaran itu disampaikan oleh Duta Besar Belanda Dr. Nikolaos van Dam kepada menteri Pertahanan Juwono Sudarsono. PT. PAL yang kemungkinan akan memproduksi.



http://www.indoflyer.net/images/content/photos/fullsize/001/1DBCF5D17DB388F41A37D592BFC0FED5.JPG



http://www.ausairpower.net/KnAAPO-Su-27SKM-2.jpg

TAMBAHAN


Termasuk dalam daftar beli indonesia pada rusia adalah 20 Su-30MK2, sejumlah pesawat latih Yak-130, empat kapal selam Proyek 636 Kelas-Kilo dan dua kapal selam Proyek Amur-1650, 10 helikopter angkut militer Mi-17, lima heli penyerang Mi-35M, 20 kendaraan tempur infanteri BMP-3F, sejumlah korvet dan kapal lain, serta sistem pertahanan udara yang total bernilai miliar dollar AS.


Dalam implementasinya, seperti disampaikan ketika Presiden Vladimir Putin berkunjung ke Indonesia September silam, kredit yang ditawarkan sebesar 1 miliar dollar AS kemudian dicairkan dalam dua tahap, masing- masing 500 juta dollar AS.


Dari pencairan tahap pertama, antara 250 juta dollar sampai 300 juta dollar, digunakan untuk penambahan enam Sukhoi—tiga Su-27SKM dan tiga Su-30MK2. Keenam jet ini diberitakan akan diserahkan antara tahun 2008 dan tahun 2010.


TNI AU berencana membentuk dua skadron Sukhoi —total 24 pesawat—pada tahun 2010 nanti.

sumber :
http://kaskus.us/

Ini Dia 5 Negara Terfavorit Wisatawan


Rabu, 10 November 2010 - 17:00 wib
Detail Berita
Paris menjadi salah satu negara terfavorit bagi wisatawan. (Foto: Google)
NEGARA-NEGARA ini mendapat predikat negara terfavorit tahun ini. Ibarat di surga, para pengunjungnya bisa menikmati berbagai kegiatan menyenangkan, menyantap makanan enak, serta mendapatkan perlakuan yang ramah dari para penduduk.

Berkunjung ke sebuah negara memang memberikan sensasi yang berbeda sekaligus menyenangkan. Apalagi saat musim dingin, banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi .

Meski begitu, perjalanan jauh yang ditempuh selalu hampir sebanding dengan apa yang ditemui. Ada negara  yang bersih, tenang, dan damai. Ada pula negara yang sangat tepat untuk berpesta hingga pagi.

Nah, berikut lima negara terindah hasil survei dari Agent Travel yang diurut berdasarkan paling menarik bagi wisatawan. Semoga bisa menjadi panduan untuk berwisata dan berpetualang.

Korea

Negara ini sedang mengalami musim dingin. Maka banyak objek wisata yang bagus untuk didatangi untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan salju. Maka tempatnya ski resort. Anda di sana dapat bermain ski.

Untuk para wisatawan yang mempunyai hobi berbelanja bisa langsung datang ke kota Soul. Dan untuk dapat melihat secara dekat sejarah bangsa Korea, Anda dapat langsung ke Jeongdongjin.

Jepang

Banyak obyek wisata untuk wisatawan yang membawa keluarganya ke negara yang satu ini. Salah satunya, Disneyland Theme Park. Di sana anda dapat menikmati seluruh permainan di Disneylad, seperti Indiana Jones, Haunted Masion, Space Tour, Big Tunder Mountain, dan lainnnya.

Sementara itu, untuk mereka yang ingin melihat secara langsung salah satu kuil terbesar di Jepang dapat ke Asakusa Kanon Temple. Setelah itu Anda dapat mengunjungi obyek wisata yang terkenal di Jepang, seperti Gunung Fuji.

China

Tembok besar China merupakan obyek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Banyak lagi tempat sejarah lainnya. Tidak hanya tempat sejarah, China juga memiliki pemandangan yang bagus.

Singapura

Negara ini dikenal sebagai surga belanja. Untuk menarik wisatawan yang datang, maka pusat-pusat perbelanjaan memberikan banyak program diskon.

Tak hanya itu saja, negara berjulukan surga belanja ini juga dilengkapi banyak taman bermain, seperti Universal studio, disana anda dapat menikmati berbagai permainan dan atraksi menarik seperti Accelerator, Revenge The Mummy, Treasure Hunters, WaterWorld, Jurassic Park, Sherk, Madagascar, dan lainnya.

Malaysia

Selain dekat dengan Indonesia, terdapat banyak obyek-obyek wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi. Salah satunya, Kuala Lumpur, menjadi tempat bagi para wisatawan untuk berbelanja. Ada juga National Palace, National Mosque, King's Palace, Indepence Square, dan masih banyak yang lainnnya.

Eropa Barat

Untuk yang satu ini, benua Eropa Barat banyak menjadi tempat kunjungan wisatawan, seperti Paris. Di Paris, para wisawatan bisa berbelanja dan menikmati pemandangan dari menara Eiffel. Atau Milan, menjadi salah satu tempat yang bagus untuk dikunjungi para wisatawan yang ingin berbelanja.

Venice merupakan kota yang sangat terkenal dengan kota di atas air dan dihubungkan dengan jembatan kecil yang membentuk kanal. Dan masih banyak kota-kota lainnya di Eropa yang sangat bagus untuk menjadi obyek wisata.
(Pasha Ernowo//nsa) Share

Lingerie Bermagnet Bikin Pria Tambah Agresif


Rabu, 10 November 2010 - 12:10 wib

Fitri Yulianti - Okezone

Detail Berita
(Foto: corbis)
PAKAIAN dalam dirancang dengan berbagai bentuk, ukuran, warna, dan bahan. Satu inovasi baru hadir, yakni lingerie bermagnet. Tertarik memakainya untuk menarik hasrat seks pasangan?

Adalah perusahaan lingerie asal Perancis, Lingerie Dement, pembuat terobosan lingerie dengan mini magnet. Cara pakainya yaitu bra, celana dalam, dan pakaian dalam lainnya direkatkan dengan magnet.

Untuk satu set bra dan celana dalam, dipatok dengan harga sekira USD220 (setara dengan Rp1,9 juta) yang dijual secara online dalam sebuah website berbahasa Prancis.

Inovasi ini tentu bisa menjadi alternatif menyenangkan dari pakaian dalam kebanyakan. Namun, selebriti dan ahli fashion stylist Sam Saboura meyakinkan, tren baru tersebut kemungkinan besar tidak akan keluar dari pakem pakaian dalam yang sudah ada. Hanya memang, bisa menciptakan gereget baru dalam kehidupan seks pasangan.

"Ini membawa sedikit aksi drama di ranjang. Ada semacam adegan yang menyenangkan saat menanggalkan baju seseorang dengan cara yang intim, dan ini akan memberikan efek yang jauh dari air mata, seperti halnya dalam cerita drama," katanya, seperti dikutip dari Nydailynews, Rabu (10/11/2010).

Sementara menurut Elayne Rapping, analis budaya pop dan profesor sosiologi pada sebuah universitas di Buffalo, lingerie bermagnet bisa membuat pria lebih agresif di ranjang.

"Awalnya saya berpikir, produk ini tampaknya menarik. Mungkin, wanita yang membelinya berpikir ini akan membuat mereka lebih seksi karena produk ini memang ditujukan bagi wanita muda. Sebelum membeli, mereka tentu berharap lingerie tersebut akan membuat pasangan lebih agresif di ranjang," katanya.
(ftr) Share

2 Posisi Ngeseks Bikin Tubuh Makin Bugar


Senin, 1 November 2010 - 13:47 wib

Adhini Amaliafitri - Okezone

Detail Berita
Aksi ngeseks (Foto: Ist)
MELAKUKAN aktifitas fisik ternyata bukan hanya membuat tubuh semakin bugar. Konon, rutin melakukan aktifitas fisik secara aktif dapat menjadi viagra alami.

Uniknya, aktivitas bercinta pun bisa membuat tubuh bugar. Ingin tahu? Dua posisi bercinta yang diulas Times of India berikut ini bisa membuat tubuh Anda dan pasangan makin bugar.

Posisi misionaris

Dalam konteks India, lebih dari 90 persen pasangan memanjakan diri dalam posisi misionaris di tempat tidur, yang tampaknya cukup memuaskan bagi mereka. Sebagai tindakan dalam menyeimbangkan berat badan, posisi ini jelas memiliki sejumlah manfaat secara fisik. Pasalnya, posisi misionaris merupakan posisi yang berkaitan dengan peregangan, otot melengkung, dan pengencangan tubuh.

Sementara pihak pria yang berada di atas, maka pihak yang berbaring bisa sambil meregangkan punggungnya, melengkungkan tubuh, dan mengencangkan bagian dada dan perut. Tak hanya itu saja, wanita juga dapat berlatih mengencangkan otot kegelnya dengan benar selama penetrasi berlangsung.

"Pihak di atas akan lebih terlibat dalam kegiatan fisik. Dengan pihak pria di atas, banyak tekanan difokuskan pada lengan dan bahunya. Selain itu, siku dan lututnya digunakan untuk memaksimalkan sambil menyeimbangkan posisi, karena itu diperlukan peregangan otot di kedua bagian tubuh. Lalu, otot paha juga bekerja pada saat posisi misionaris, karena Anda menggunakan tumpuan (hampir keseluruhan) pada lutut Anda selama penetrasi berlangsung,” jelas Dr Shivi Jaggi, seorang seksolog yang berbasis di Delhi.

Woman on Top (WOT)

Dikatakan bahwa wanita bisa orgasme dengan cepat saat berada di atas tubuh pria. Wanita yang memimpin jalannya bercinta melakukan latihan yang sangat baik. Hal ini memungkinkan kedua belah pihak dapat menikmati partisipasi yang setara, di mana wanita menggunakan tangan dan lengan untuk menopang gerakan ke atas dan bawah saat penertasi. Sedangan pihak pria memegang tubuh wanita untuk menyeimbangkan berat tubuhnya.

"Dengan posisi wanita di atas, berat biasanya akan ditanggung oleh pasangan pria. Wanita menjadi pihak yang secara fisik lebih lemah saat berhubungan seks. Anda tidak bisa mengharapkan mereka untuk berdiri pada massa tubuh mereka sepenuhnya. Jadi sekali lagi, ini lebih kepada latihan untuk pria. Di mana mereka menggunakan otot bisep untuk menahan pasangan wanita mereka. Serta untuk wanita bermanfaat mempertahankan posisi dalam durasi yang lebih lama. Dia meregangkan otot bisep, trisep, dan otot dada secara maksimal,” tutup Dr Shivi Jaggi.
(tty) Share

Agar Sperma Tetap Sehat


Rabu, 10 November 2010 - 16:38 wib
Detail Berita
Berhubungan intim setiap hari bisa membuat sperma tetap sehat. (Foto: Corbis)
KEMAMPUAN tiap pria dalam memproduksi sperma berkualitas tentu berbeda-beda. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penghambat sehingga sperma yang dikeluarkan tidak sehat. Sehingga, dibutuhkan upaya agar sperma tetap sehat. Apa saja?

Berhentilah merokok

Tidak mengonsumsi rokok sangatlah baik untuk mengurangi nikotin dan efek radikal bebas yang mengurangi kesuburan sperma.

Kurangi minum alkohol

Lebih dari dua gelas perhari sudah masuk dalam kategori berlebihan. Alkohol bisa menurunkan kualitas dan kuantitas sperma. Namun, alangkah lebih baik jika sama sekali Anda tak mengonsumsi alkohol. Walau bagaimanapun, alkohol itu lebih berbahaya daripada merokok sekalipun.

Hindari celana dalam terlalu ketat

Carilah yang sedikit longgar dan hindari mandi dengan air terlalu panas supaya tetikel Anda tetap dingin.

Konsumsi cukup vitamin

Tetap asup multivitamin sebagai antioksidan misalnya vitamin C, E, dan betakaroten. Bisa juga dengan banyak mengasup buah dan sayuran. Baik juga bila Anda minum multivitamin yang mengandung zinc sebanyak 20 mg setiap hari.

Sejumlah makanan kaya zinc seperti daging kalkun, kerang, daging kambing, dan daging merah tanpa lemak untuk meningkatkan kuantitas sperma.

Batasi makanan berlemak

Jangan berlebihan mengasupnya tanpa imbangan serat.

Banyak minum air putih

Tak ada fungsi organ yang berjalan normal saat tubuh kekurangan air. Dalam kondisi dehidrasi akibat kekurangan cairan, produksi hormon penghasil sperma akan terhambat. Takaran ideal, konsumsi air sedikitnya delapan gelas perhari.

Konsumsi lebih banyak daging

Kandungan asam amino (L-arginine dan L-carnitine) dalam sejumlah produk daging bermanfaat untuk meningkatkan hormon testosteron dan meningkatkan produksi sperma. Produk yang baik dikonsumsi adalah ikan tuna, daging unggas, dan daging merah.

Hindari stres yang berkepanjangan

Sisihkan waktu Anda untuk bermeditasi, menyendiri, dan menikmati hidup Anda sendiri tanpa gangguan apapun, entah itu menikmati musik, menonton film, televisi, dan lain-lain.

Olahraga teratur

Kesehatan tubuh, olahraga juga memiliki pengaruh yang positif terhadap kesehatan reproduksi. Namun, olahraga berlebihan tidak disarankan karena menimbulkan perubahan sementara pada hormon yang berakibat pada penurunan kualitas sperma.

Batasi asupan minuman ringan

Yakinlah diri bahwa minuman yang Anda asup aman terhadap berbagai bahan kimia yang bisa meracuni tubuh.

Bercinta setiap hari

Bercinta setiap hari selama 7 hari dapat membuat sperma lebih sehat, giat, dan aktif. Karena itu, bagi pasangan yang sedang menjalani program kehamilan dianjurkan untuk menjalani program bercinta setiap selama 7 hari ini.
(SINDO//nsa)

F-16 Fighting Falcon


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
F-16 Fighting Falcon
Lockheed-logo Winnie-Mae.png
F-16 Fighting Falcon.jpg
F-16 pada Perang Irak, Maret 2003.
 Tipe Pesawat tempur
 Produsen General Dynamics
Lockheed Martin
 Terbang perdana 2 Februari 1974
 Diperkenalkan 17 Agustus 1978
 Status Aktif
 Pengguna Amerika Serikat
24 negara lainnya
 Jumlah produksi Lebih dari 4.000
 Harga satuan US$18,8 juta (1998)
 Varian General Dynamics F-16XL
Mitsubishi F-2
YF-16 (bawah) dan saingannya, YF-17.
F-16 Fighting Falcon adalah jet tempur multi-peran yang dikembangkan oleh General Dynamics (lalu di akuisisi oleh Lockheed Martin), di Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur ringan, dan akhirnya ber-evolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer. Kemampuan F-16 untuk bisa dipakai untuk segala macam misi inilah yang membuatnya sangat sukses di pasar ekspor, dan dipakai oleh 24 negara selain Amerika Serikat.[1] Pesawat ini sangat popular di mata international dan telah digunakan oleh 25 angkatan udara. F-16 merupakan proyek pesawat tempur Barat yang paling besar dan signifikan, dengan sekitar 4000 F-16 sudah di produksi sejak 1976. Pesawat ini sudah tidak diproduksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat, tapi masih diproduksi untuk ekspor.
F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik, dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot. Pesawat ini juga merupakan pesawat tempur pertama yang dibuat untu menahan belokan pada percepatan 9g.
Pada tahun 1993, General Dynamics menjual bisnis produksi pesawat mereka kepada Lockheed Corporation, yang kemudian menjadi bagian dari Lockheed Martin setelah merger dengan Martin Marietta pada tahun 1995.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Sejarah

F-16 Fighting Falcon.ogv
F-16 Fighting Falcon
F-16 Take off, Performance and Landing @ Farnborough Airshow 
2008.ogv
Kemampuan F-16
Pada tahun 1960-an, Angkatan Udara dan Angkatan Laut Amerika Serikat menyimpulkan bahwa masa depan pertempuran udara akan ditentukan oleh peluru kendali yang semakin modern. Dan bahwa pesawat tempur masa depan akan digunakan untuk mengejaran jarak jauh, berkecepatan tinggi, dan menggunakan sistem radar yang sangat kuat untuk mendeteksi musuh dari kejauhan. Ini membuat desain pesawat tempur masa ini lebih seperti interseptor daripada pesawat tempur klasik. Pada saat itu, Amerika Serikat menganggap pesawat F-111 (yang pada saat itu masih dalam tahap pengembangan) dan F-4 Phantom akan cukup untuk kebutuhan pesawat tempur jarak jauh dan menengah, dan didukung oleh pesawat jarak dekat bermesin tunggal seperti F-100 Super Sabre, F-104 Starfighter, dan F-8 Crusader.
Pada Perang Vietnam, Amerika Serikat menyadari bahwa masih banyak kelemahan pada pesawat-pesawat mereka. Peluru kendali udara ke udara pada masa itu masih memiliki banyak masalah, dan pemakaiannya juga dibatasi oleh aturan-aturan tertentu. Selain itu, pertempuran di udara lebih banyak berbentuk pertempuran jarak dekat dimana kelincahan di udara dan senjata jarak dekat sangat diperlukan.
Kolonel John Boyd mengembangkan teori tentang perawatan energi pada pertempuran pesawat tempur, yang bergantung pada sayap yang besar untuk bisa melakukan manuver udara yang baik. Sayap yang lebih besar akan menghasilkan gesekan yang lebih besar saat terbang, dan biasanya menghasilkan jarak jangkau yang lebih sedikit dan kecepatan maksimum yang lebih kecil. Boyd menganggap pengorbanan jarak dan kecepatan perlu untuk menghasilkan pesawat yang bisa bermanuver dengan baik. Pada saat yang sama, pengembangan F-111 menemui banyak masalah, yang mengakibatkan pembatalannya, dan munculnya desain baru, yaitu F-14 Tomcat. Dorongan Boyd tentang pentingnya pesawat yang lincah, gagalnya program F-111, dan munculnya informasi tentang MiG-25 yang saat itu kemampuan dibesar-besarkan membuat Angkatan Udara Amerika Serikat memulai perancangan pesawat mereka sendiri, yang akhirnya menghasilkan F-15 Eagle.
Pada saat pengembangannya, F-15 berevolusi menjadi besar dan berat seperti F-111. Ini membuat Boyd frustrasi dan ia pun meyakinkan beberapa petinggi Angkatan Udara lain bahwa F-15 membutuhkan dukungan dari pesawat tempur yang lebih ringan. Grup petinggi Angkatan Udara ini menyebut diri mereka "fighter mafia", dan mereka bersikeras akan dibutuhkannya program Pesawat Tempur Ringan (Light Weight Fighter, LWF).
Pada Mei 1971, Kongres Amerika Serikat mengeluarkan laporan yang mengkritik tajam program F-14 dan F-15. Kongres mengiyakan pendanaan untuk program LWF sebesar US$50 juta, dengan tambahan $12 juta pada tahun berikutnya. Beberapa perusahaan memberikan proposal, tetapi hanya General Dynamics dan Northrop yang sebelumnya sudah memulai perancangan dipilih untuk memproduksi prototip. Pesawat mereka mulai diuji pada tahun 1974. Program LWF awalnya merupakan program evaluasi tanpa direncanakan pembelian versi produksinya, tetapi akhirnya program ini dirubah namanya menjadi Air Combat Fighter, dan Angkatan Udara AS mengumumkan rencana untuk membeli 650 produk ACF. Pada tanggal 13 Januari 1975 diumumkan bahwa YF-16 General Dynamics mengalahkan saingannya, YF-17.

[sunting] Varian

Varian F-16 ditandai oleh nomer blok yang menandakan pembaruan yang signifikan. Blok ini mencakup versi kursi tunggal dan kursi ganda.

[sunting] F-16 A/B

F-16A Norwegia diatas daerah Balkan.
F-16 A/B awalnya dilengkapi Westinghouse AN/APG-66 Pulse-doppler radar, Pratt & Whitney F100-PW-200 turbofan, dengan 14.670 lbf (64.9 kN), 23.830 lbf (106,0 kN) dengan afterburner. Angkatan Udara AS membeli 674 F-16A dan 121 F-16B, pengiriman selesai pada Maret 1985.
Blok 1
Blok awal (Blok 1/5/10) memiliki relatif sedikit perbedaan. Sebagian besar diperbarui menjadi Blok 10 pada awal 1980-an. Ada 94 Blok 1, 197 Blok 5, dan 312 Blok 10 yang diproduksi. Blok 1 model awal produksi dengan hidung dicat hitam.
Blok 5
Diketahui kemudian bahwa hidung hitam menjadi identifikasi visual jarak jauh untuk pesawat Blok 1, sehingga warnanya diubah menjadi abu-abu untuk Blok 5 ini. Pada F-16 Blok 1, ditemukan bahwa air hujan dapat berkumpul pada beberapa titik di badan pesawat, sehingga untuk Blok 5 dibuat lubang saluran air.
Blok 10
Pada akhir 1970-an, Uni Soviet secara signifikan mengurangi ekspor titanium, sehingga produsen F-16 mulai menggunakan alumunium. Metode baru pun dilakukan: aluminum disekrup ke permukaan pesawat Blok 10, menggantikan cara pengeleman pada pesawat sebelumnya.
Blok 15
Perubahan besar pertama F-16, pesawat Blok 15 ditambahkan stabiliser horizontal yang lebih besar, ditambah dua hardpoint di bagian dagu, radar AN/APG-66 yang lebih baru, dan menambah kapasitas hardpoint bawah sayap. F-16 diberikan radio UHF Have Quick II. Blok 15 adalah varian F-16 yang paling banyak diproduksi, yaitu 983 buah. Produksi terakhir dikirim pada tahun 1996 ke Thailand. Indonesia memiliki varian ini sebanyak 12 unit.
Blok 15 OCU
Mulai tahun 1987 pesawat Blok dikirim ke dengan memenuhi standar Operational Capability Upgrade (OCU), yang mencakup mesin F100-PW-220 turbofans dengan kontrol digital, kemamampuan menembakkan AGM-65, AMRAAM, dan AGM-119 Penguin, serta pembaruan pada kokpit, komputer, dan jalur data. Berat maksimum lepas landasnya bertambah menjadi 17.000 kg. 214 pesawat menerima pembaruan ini, ditambah dengan beberapa pesawat Blok 10.
Blok 20
150 Blok 15 OCU untuk Taiwan dengan tambahan kemampuan yang serupa dengan F-16 C/D Blok 50/52: menembakkan AGM-45 Shrike, AGM-84 Harpoon, AGM-88 HARM, dan bisa membawa LANTIRN. Komputer pada Blok 20 diperbarui secara signifikan, dengan kecepatan proses 740 kali lipat, dan memori 180 kali lipat dari Blok 15 OCU.

[sunting] Spesifikasi (F-16C Blok 30)

Orthographically projected diagram of the F-16.

Karakteristik umum

  • Kru: 1
  • Panjang: 49 ft 5 in (14.8 m)
  • Lebar sayap: 32 ft 8 in (9.8 m)
  • Tinggi: 16 ft (4.8 m)
  • Area sayap: 300 ft² (27.87 m²)
  • Airfoil: NACA 64A204 root and tip
  • Berat kosong: 18,238 lb (8,272 kg)
  • Berat terisi: 26,463 lb (12,003 kg)
  • Berat maksimum lepas landas: 42,300 lb (16,875 kg)
  • Mesin: 1× Pratt & Whitney F100-PW-220 afterburning turbofan
    • Dorongan kering: 14,590 lbf (64.9 kN)
    • Dorongan dengan afterburner: 23,770 lbf (105.7 kN)
  • Alternate powerplant:General Electric F110-GE-100 afterburning turbofan
    • Dry thrust: 17,155 lbf (76.3 kN)
    • Thrust with afterburner: 28,985 lbf (128.9 kN)

Performa

Persenjataan

Lainya:

Avionik

F-16 equipped with LANTIRN pods.jpg
F16 HTS.jpg
LANTRIN dan LITENING F-16