Selasa, 18 Januari 2011

Katak penyanyi dari Haiti

Katak penyanyi dari Haiti
 
Di Haiti, ada katak mozart yang menghasilkan suara yang mirip nada musik. Bersama dengan lima jenis katak lain, katak ini ditemukan kembali setelah disangka punah.

Katak mozart (Eleutherodactylus amadeus), pada malam hari, berbunyi seperti siulan empat nada. Saat senja dan petang, siulannya hanya memiliki dua nada. Katak ini terakhir ditemukan pada tahun 1991.

Para ahli konservasi dari Conservation International menemukan kembali kata mozart ini bersama lima jenis katak lain di Haiti. Beberapa jenis katak tersebut telah menghilang selama puluhan tahun dan diduga punah.

Lima jenis katak, selain katak mozart, adalah hispaniolan ventriloquial (E. dolomedes), la hotte glanded (E. glandulifer), macaya breast-spotted (E. thorectes), hispaniolan crowned (E. corona), dan  macaya burrowing (E. parapelates).

Temuan paling mengejutkan adalah katak lahotte glanded karena jenis ini adalah satu di antara 48 jenis amfibi yang paling jarang dijumpai di Haiti sehingga menjadi misteri. 

Katak hispaniolan ventriloquial merupakan salah satu spesies yang sangat unik karena bisa membuat suaranya seolah-olah berasal dari tempat yang jauh. Kemampuan itu dimilikinya untuk mengecoh predator yang memburunya.

"Kami mencari satu spesies, tetapi ternyata menemukan harta karun lainnya. Ini mencerminkan ketahanan dan harapan bagi masyarakat Haiti serta satwa liar yang ada," kata Richard Moore, pemimpin ekspedisi ini. (Yunanto Wiji Utomo)
Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar